PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

MAULIDAH, GINA AGISNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3_Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf

Download (126kB)
[img] Text
5_Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
6_Kata Pengantar.pdf

Download (122kB)
[img] Text
7_Daftar Isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
8_Daftar Tabel.pdf

Download (126kB)
[img] Text
9_Daftar Gambar.pdf

Download (57kB)
[img] Text
10_Daftar Lampiran.pdf

Download (63kB)
[img] Text
11_BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
12_BAB 2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
13_BAB 3.pdf

Download (334kB)
[img] Text
14_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
15_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
18_Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta menentukan persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA reguler di SMA Terpadu Riyadlul’Ulum. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas XI MIPA E sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA D sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji homogenitas dengan Levene’s Test, dan uji perbedaan rata-rata menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran ARCS yaitu 53% siswa termasuk kategori tinggi, 41% siswa termasuk kategori sedang, dan 6% siswa termasuk kategori rendah. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS), Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:17
Last Modified: 04 Sep 2024 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item