MAULIDAH, GINA AGISNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_Cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2_Lembar Pengesahan.pdf Download (260kB) |
|
Text
3_Surat Keterangan Revisi.pdf Download (300kB) |
|
Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf Download (126kB) |
|
Text
5_Abstrak.pdf Download (135kB) |
|
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (122kB) |
|
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (83kB) |
|
Text
8_Daftar Tabel.pdf Download (126kB) |
|
Text
9_Daftar Gambar.pdf Download (57kB) |
|
Text
10_Daftar Lampiran.pdf Download (63kB) |
|
Text
11_BAB 1.pdf Download (106kB) |
|
Text
12_BAB 2.pdf Download (221kB) |
|
Text
13_BAB 3.pdf Download (334kB) |
|
Text
14_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
15_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
18_Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta menentukan persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA reguler di SMA Terpadu Riyadlul’Ulum. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas XI MIPA E sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA D sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji homogenitas dengan Levene’s Test, dan uji perbedaan rata-rata menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran ARCS yaitu 53% siswa termasuk kategori tinggi, 41% siswa termasuk kategori sedang, dan 6% siswa termasuk kategori rendah. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS), Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14018 |
Actions (login required)
View Item |