ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

HURRIYYAH, DYLA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (894kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (774kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (854kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (834kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (861kB)
[img] Text
8. daftar tabel.pdf

Download (855kB)
[img] Text
9. daftar gambar.pdf

Download (815kB)
[img] Text
10. daftar lampiran.pdf

Download (855kB)
[img] Text
11. bab i.pdf

Download (928kB)
[img] Text
12. bab ii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. bab iii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (893kB)
[img] Text
17. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
18. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 12 Tasikmalaya yang dapat menyelesaikan tes dan memenuhi semua indikator kemampuan abstraksi matematis dengan jawaban benar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian tes kemampuan abstraksi matematis, angket self regulated learning, dan subjek terpilih diwawancarai untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan abstraksi matematis dan self regulated learning. Instrumen penelitian menggunakan soal tes kemampuan abstraksi matematis dan angket self regulated learning. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peserta didik yang memenuhi semua indikator dan menjawab benar. Ketiganya mampu mentransformasi masalah ke dalam bentuk simbol; mampu membuat persamaan yang setara; mampu mengaitkan suatu konsep dengan konsep lain; mampu membuat generalisasi; dan mampu membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan. Subjek S-11 dengan kategori self regulated learning tinggi mengerjakan tes kemampuan abstraksi matematis dengan penuh semangat tetapi sedikit ceroboh dan terburu-buru ketika mengerjakan soal serta melakukan fase self regulated learning dengan baik. Subjek S-9 dengan self regulated learning yang sedang mengerjakan dengan santai tetapi subjek terkadang perlu teman jika sesudah merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Subjek tersebut melakukan fase self regulated learning terkadang sesuai dengan mood dan semangatnya. Subjek S-16 dengan self regulated learning yang rendah mengerjakan lebih hati-hati tetapi ketika pembelajaran S-16 kadang melakukan atau tidak pada fase self regulated learning. Kata kunci: Analisis, Abstraksi Matematis, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:14
Last Modified: 04 Sep 2024 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item View Item