HURRIYYAH, DYLA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (894kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (774kB) |
|
Text
3. penguji.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. pernyataan.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (854kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (834kB) |
|
Text
7. daftar isi.pdf Download (861kB) |
|
Text
8. daftar tabel.pdf Download (855kB) |
|
Text
9. daftar gambar.pdf Download (815kB) |
|
Text
10. daftar lampiran.pdf Download (855kB) |
|
Text
11. bab i.pdf Download (928kB) |
|
Text
12. bab ii.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. bab iii.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
|
Text
16. daftar pustaka.pdf Download (893kB) |
|
Text
17. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
18. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 12 Tasikmalaya yang dapat menyelesaikan tes dan memenuhi semua indikator kemampuan abstraksi matematis dengan jawaban benar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian tes kemampuan abstraksi matematis, angket self regulated learning, dan subjek terpilih diwawancarai untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan abstraksi matematis dan self regulated learning. Instrumen penelitian menggunakan soal tes kemampuan abstraksi matematis dan angket self regulated learning. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peserta didik yang memenuhi semua indikator dan menjawab benar. Ketiganya mampu mentransformasi masalah ke dalam bentuk simbol; mampu membuat persamaan yang setara; mampu mengaitkan suatu konsep dengan konsep lain; mampu membuat generalisasi; dan mampu membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan. Subjek S-11 dengan kategori self regulated learning tinggi mengerjakan tes kemampuan abstraksi matematis dengan penuh semangat tetapi sedikit ceroboh dan terburu-buru ketika mengerjakan soal serta melakukan fase self regulated learning dengan baik. Subjek S-9 dengan self regulated learning yang sedang mengerjakan dengan santai tetapi subjek terkadang perlu teman jika sesudah merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Subjek tersebut melakukan fase self regulated learning terkadang sesuai dengan mood dan semangatnya. Subjek S-16 dengan self regulated learning yang rendah mengerjakan lebih hati-hati tetapi ketika pembelajaran S-16 kadang melakukan atau tidak pada fase self regulated learning. Kata kunci: Analisis, Abstraksi Matematis, Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:14 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |