Nadiyah, Kunifah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (145kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (139kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI, TABEL, GRAFIK, GAMBAR.pdf Download (157kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (254kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (541kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (427kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
13 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Menelaah dan menyajikan teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Pada kenyataannya, peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta menggunkan tiga teknik penelitian (wawancara, observasi, dan tes). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 16 orang (50%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (50%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (53%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 15 orang (47%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil pada tahap pengolahan data melalui uji normalitas diketahui bahwa data yang diperoleh berdistribusi tidak normal sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung = 0 < W tabel = 126,25 (dalam taraf signifikansi 0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah dan menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13987 |
Actions (login required)
View Item |