PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DAN PRIBADI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Eulis, Eulis (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DAN PRIBADI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (157kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6. DAFTAR DAFTAR.pdf

Download (211kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
10. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
11. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Menulis surat resmi dan pribadi merupakan materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas VII pada kurikulum merdeka. Terdapat permasalahan dalam penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga kurang memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis surat resmi dan pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu, peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian oleh penulis yaitu, pedoman wawancara, pedoman observasi, alur tujuan pembelajaran, modul ajar, pedoman tes, uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi yaitu, 39,83 (pretest) dan 77,66 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi yaitu, 38,48 (pretest) dan 69,93 (posttest). Pada tahap analisis data statistik, penulis melakukan uji normalitas dan homogenitas berdasarkan nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan data yang berdistribusi tidak normal dan homogen. Oleh karena itu, penulis melanjutkan menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) 0,000 ˂ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran menulis surat resmi dan pribadi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:59
Last Modified: 03 Sep 2024 02:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item