Akmalia, Dara (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DEKSRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Lumbung Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (37kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (99kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (159kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (280kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (134kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VII adalah teks deskripsi yang tercantum pada kurikulum 2013 revisi, yaitu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks deskripsi. Meskipun demikian, peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Lumbung Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023 masih banyak yang belum mampu mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Lumbung Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023 dalam menelaah struktur dan menulis teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Lumbung tahun ajaran 2022/2023. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu kompetensi dasar 3.2 sebanyak 17 peserta didik (55%) sudah mampu mencapai KKM dan sebanyak 14 peserta didik (45%) belum mampu mencapai KKM. Pada kompetensi dasar 4.4 sebanyak 30 peserta didik (96,8%) yang sudah mampu mencapai KKM dan sebanyak 1 peserta didik (3,2%) yang belum mampu mencapai KKM. Pada siklus kedua baik pada kompetensi dasar 3.2 maupun 4.2 seluruh peserta didik yang berjumlah 31 orang (100%) mampu mencapai KKM. Selain itu, berdasarkan hasil uji normalitas data penelitian menunjukan berdisribusi tidak normal. Oleh karena itu dilanjutkan dengan mengolah data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung (-496) lebih kecil daripada nilai Wtabel dalam taraf signifikasi 0,01 (226,81). Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Lumbung Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13905 |
Actions (login required)
View Item |