ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH BRANSFORD & STEIN DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TIPE TUNANETRA

MARDIYYAH, DEVI FITRIANI (2024) ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH BRANSFORD & STEIN DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TIPE TUNANETRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (430kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Karya Asli Ilmiah.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (152kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (152kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (134kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (126kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (168kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (273kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (279kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang langkah-langkah pemecahan masalah Bransford & Stein dan kecemasan matematika pada anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengisian angket kecemasan matematika, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik tipe tunanetra yang terdiri dari 3 orang, 1 low vision dan 2 totally blind. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1984) dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kecemasan matematika yang terdapat pada anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra ada pada tingkat tinggi dan rendah. Untuk langkah-langkah pemecahan masalah Bransford & Stein yang dapat ditempuh oleh anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra dapat dikategorikan baik yaitu 4 dari 5 langkah IDEAL dapat terpenuhi dengan kategori baik. Kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah Bransford & Stein, Kecemasan Matematika, dan Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Tunanetra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:03
Last Modified: 02 Sep 2024 07:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item