MARDIYYAH, DEVI FITRIANI (2024) ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH BRANSFORD & STEIN DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TIPE TUNANETRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (183kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (333kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (430kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Karya Asli Ilmiah.pdf Download (281kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (141kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (152kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (152kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (134kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (128kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (126kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (168kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (235kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (273kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (279kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang langkah-langkah pemecahan masalah Bransford & Stein dan kecemasan matematika pada anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengisian angket kecemasan matematika, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik tipe tunanetra yang terdiri dari 3 orang, 1 low vision dan 2 totally blind. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1984) dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kecemasan matematika yang terdapat pada anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra ada pada tingkat tinggi dan rendah. Untuk langkah-langkah pemecahan masalah Bransford & Stein yang dapat ditempuh oleh anak berkebutuhan khusus tipe tunanetra dapat dikategorikan baik yaitu 4 dari 5 langkah IDEAL dapat terpenuhi dengan kategori baik. Kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah Bransford & Stein, Kecemasan Matematika, dan Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Tunanetra.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:03 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13902 |
Actions (login required)
View Item |