SABILLAH, HALIZA SHAL (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI VIRUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (325kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (105kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (289kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (294kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (112kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (286kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (521kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN I INSTRUMEN.pdf Download (269kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN II RPP, LKPDdocx.pdf Download (195kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN III HASIL ANATES & SPSS.pdf Download (650kB) |
|
Text
21. LAMPIRAN IV ADMINISTRASI PENDUKUNG.pdf Download (2MB) |
|
Text
22. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi digital sering digunakan dalam melaksanakan dan menyelenggarakan proses belajar mengajar. Dalam pemanfaatan teknologi 3D (tiga dimensi) yang diterapkan sebagai media pembelajaran, Augmented reality merupakan salah satu teknologi informasi yang menggunakan model 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sumber Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah non-equivalent control group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sample purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal uraian sebanyak 14 soal valid. Teknik analisis dilakukan dengan dua uji yaitu uji normalitas dan homogenitas yang diukur dengan menggunakan IBM SPSS Ver 6. Data hasil uji t independent diperoleh hasil rata-rata posttest kelas experiment sebesar 30,06 dan kelas control sebesar 24,09, dan uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Sehingga dapat disumpulkan bahwa penggunaan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran memilik pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13887 |
Actions (login required)
View Item |