PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI VIRUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024)

SABILLAH, HALIZA SHAL (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI VIRUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (105kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (289kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (294kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (112kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN I INSTRUMEN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN II RPP, LKPDdocx.pdf

Download (195kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN III HASIL ANATES & SPSS.pdf

Download (650kB)
[img] Text
21. LAMPIRAN IV ADMINISTRASI PENDUKUNG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
22. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi digital sering digunakan dalam melaksanakan dan menyelenggarakan proses belajar mengajar. Dalam pemanfaatan teknologi 3D (tiga dimensi) yang diterapkan sebagai media pembelajaran, Augmented reality merupakan salah satu teknologi informasi yang menggunakan model 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sumber Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah non-equivalent control group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sample purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal uraian sebanyak 14 soal valid. Teknik analisis dilakukan dengan dua uji yaitu uji normalitas dan homogenitas yang diukur dengan menggunakan IBM SPSS Ver 6. Data hasil uji t independent diperoleh hasil rata-rata posttest kelas experiment sebesar 30,06 dan kelas control sebesar 24,09, dan uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000  0,05. Sehingga dapat disumpulkan bahwa penggunaan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran memilik pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:05
Last Modified: 02 Sep 2024 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item