Anggara, Tomi (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (135kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (191kB) |
|
Text
3. pernyataan.pdf Download (157kB) |
|
Text
4. abstrak.pdf Download (56kB) |
|
Text
5. kata pengantar.pdf Download (123kB) |
|
Text
6. daftar isi.pdf Download (74kB) |
|
Text
7. bab i.pdf Download (225kB) |
|
Text
8. bab ii.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. bab iii.pdf Download (188kB) |
|
Text
10. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
|
Text
11. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
12. daftar pustaka.pdf Download (57kB) |
|
Text
13. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Salah satu KD yang perlu dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP adalah KD 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca dan 4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Namun, pada praktiknya masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah unsur pembangun puisi dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, pengukuran dan tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMPN 7 Kota Tasikmalaya sebanyak 24 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.8 masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 8 orang atau 33%. Sementara aspek keterampilan 4.8 peserta didik yang belum mencapai KKM berjumlah 10 orang atau 41,6%. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, pada aspek pengetahuan 3.8 24 peserta didik atau 100% peserta didik sudah mencapaiKKM, dan pada aspek keterampilan 4.8 24 orang peserta didik atau 100% peserta didik sudah mencapai KKM. Berdasarkan Uji Wilcoxon, diketahui W hitung = 0 < W tabel 71,60. Adapun hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:54 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13881 |
Actions (login required)
View Item |