STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TARAJU KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA

NURFAUJI, CEPI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TARAJU KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. pernyataan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. pengesahan.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (269kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (95kB)
[img] Text
8. bab ii.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. bab iii (2).pdf

Download (215kB)
[img] Text
10. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
12. bab vi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Pengembangan desa wisata menjadi hal yang penting dilakukan karena merupakan salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan sebagai upaya perbaikan dari kelemahan yang terdapat pada Desa Wisata Taraju seperti sarana dan prasarana yang masih kurang dan pengembangan SDM dalam mengelola desa wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor faktor internal dan eksternal, menganalisis alternatif strategi, dan menganalisis prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan Desa Wisata Taraju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dimulai dari Bulan Desember 2023 sampai dengan Bulan Mei 2024. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor internal dan ekternal pada Desa Wisata Taraju diantaranya adalah ditetapkannya Desa Taraju sebagai desa wisata, pembangunan destinasi belum merata, adanya kunjungan dari pihak kedinasan dan persaingan dengan desa wisata yang lain. Faktor-faktor tersebut menghasilkan 9 alternatif strategi diantaranya adalah menguatkan jaringan dan kerjasama dengan pihak kedinasan dengan memanfaatkan media sosial dan pendanaan untuk membantu memperluas jangkauan promosi, meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman wisatawan dengan mengoptimalkan peran Pokdarwis Dinamis serta memberikan pengembangan edukasi dan kesadaran budaya dan membuat jadwal rutin internal pengelola untuk melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi. Berdasarkan analisis Matriks QSPM maka diperoleh strategi prioritas untuk mengembangkan Desa Wisata Taraju yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman wisatawan dengan memaksimalkan peran SDM pokdarwis serta memberikan pengembangan edukasi dan kesadaran budaya baik di lapangan ataupun dengan pemanfaatan media sosial. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Desa Wisata, SWOT, QSPM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:45
Last Modified: 02 Sep 2024 06:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item