DESAIN PEMBELAJARAN LINGKARAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUANGEOGEBRADANBERORIENTASILITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

LUQMAN, NAUFAL (2024) DESAIN PEMBELAJARAN LINGKARAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUANGEOGEBRADANBERORIENTASILITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. SUKET REVISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran lingkaran dengan model problem based learning berbantuan GeoGebra melalui perancangan hypothetical learning trajectory dengan konteks matematika untuk membantu pemahaman peserta didik sehingga menghasilkan learning trajectory yang efektif dan efisien, serta capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research yang meliputi tiga tahap utama: persiapan eksperimen (preparing for the experiment), eksperimen desain (design experiment), dan analisis retrospektif (retrospective analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi untuk mengamati dan mencatat kejadian selama proses pembelajaran, perekaman proses pembelajaran untuk memperoleh data selama tahap eksperimen desain, pemberian tes literasi numerasi untuk mengukur dampak dan capaian literasi numerasi peserta didik, serta wawancara dengan peserta didik untuk memperoleh wawasan lebih mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tasikmalaya kelas VIII-G sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIII-H sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penggunaan konteks trampolin dan pizza berperan dalam merepresentasikan visualisasi dan memfasilitasi pemahaman konsep. (2a) Learning trajectory keliling lingkaran: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan alat bantu seperti GeoGebra; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep keliling secara formal. (2b) Learning Trajectory luas lingkaran: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait luas lingkaran; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Mengidentifikasi dan menghitung unsur-unsur yang senilai; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 79% dan pada siklus teaching experiment 85%. Kata kunci: Design Research, GeoGebra, Lingkaran, Learning Trajectory, Problem Based Learning, Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:44
Last Modified: 02 Sep 2024 06:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item