Lestarie, Trie (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM EDUKASI PARENTING (Studi pada Keluarga Penerima Manfaat PKH Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (65kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (66kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERBAIKAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
6. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (6kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (177kB) |
|
Text
9. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (72kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
|
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (4kB) |
|
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (134kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (144kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (33kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Banyaknya orangtua yang belum menyadari pentingnnya partisipasi aktif dan keterlibatan orangtua dalam pembentukan karakter anak merujuk menjadi permasalahan terhadap pentingnya edukasi parenting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak edukasi parenting dalam pembentukan karakter anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada KPM PKH di Kelurahan Sumelap. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan orangtua dan pendamping. Hasil penelitian mengungkapkan bagi orangtua yang membagikan edukasi yang baik dalam melakukan parenting terutama nilai spiritual untuk menyesuaikan tindakan anak dengan lingkungannya. Selain itu, peneliti menemukan bahwa faktor komunikasi yang efektif dan perilaku positif yang konsisten sangat penting dalam melakukan edukasi parenting untuk membentuk anak agar bertanggung jawab, berempati, serta memiliki integritas. Kesimpulannya, edukasi parenting otoriter cenderung memiliki potensi yang menghambat kemandirian dan kreatifitas anak. Sedangkan edukasi parenting demokratis cenderung mendorong kemandirian tanggung jawab, dan jiwa empati yang tinggi. Sementara edukasi parenting permisif cenderung mampu menyebabkan anak manjadi mandiri dan percaya diri tetapi memiliki sifat negative yang usil serta suka memerintah. Pembentukan karakter anak meliputi dua aspek diantaranya pembentukan keteladan memiliki kaitan dengan orangtua dan anak sehingga anak cenderung meniru prilaku orangtua. Sedangkan pembentukan kepribadian berkaitan dengan sosialisasi dengan biologis, lingkungan, serta pengalaman yang dilalui setiap anak ataupun orangtua dalam berinteraksi dengan nilai ataupun norma prilaku yang positif. Kata kunci: Edukasi, Parenting, Pembentukan Karakter Anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13852 |
Actions (login required)
View Item |