NURJAHIDAH, AMALIA (2024) KORELASI NILAI AKADEMIK PESERTA DIDIK MAN 3 TASIKMALAYA DENGAN TINGKAT PENERIMAAN PESERTA DIDIK JALUR PRESTASI PADA PERGURUAN TINGGI BIDANG SAINS (Studi Korelasional di Kelas XII MIPA MAN 3 Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (51kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (282kB) |
|
Text
6 DAFTAR (ISI, TABEL, LAMPIRAN).pdf Download (225kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Download (147kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Download (237kB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
14 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
Abstract
Jalur SNMPTN menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik dan/atau portofolio siswa selama pendidikan di SMA. Jalur tersebut adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan paling awal, sebelum calon mahasiswa lulus dari pendidikan menengah. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN adalah nilai akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai akademik peserta didik MAN 3 Kab, Tasikmalaya dengan tingkat penerimaan peserta didik jalur prestasi pada perguruan tinggi khususnya pada bidang Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA MAN 3 Kab, Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 163. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling. Adapun sampel pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIPA MAN 3 Kab. Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Observasi terstruktur dengan data prestasi akademik peserta didik yang dikaitkan dengan penerimaan peserta didik pada perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasional Spearman. Berdasarkan hasil analisis pengujian menunjukkan bahwa nilai rata – rata Peserta Didik yang tidak lulus PTN mata pelajaran Biologi sebesar 85,20, sedangkan Peserta Didik yang lulus PTN memiliki nilai rata-rata 88,15. Kemudian berdasarkan hasil uji korelasi menunjukan terdapat hubungan positif antara nilai Biologi dan kelulusan di perguruan tinggi dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 serta nilai Biologi memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap kelulusan Peserta Didik pada perguruan tinggi bidang Sains. Kata Kunci: Nilai Akademik, Penerimaan Peserta Didik, Jalur Prestasi, Perguruan Tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13749 |
Actions (login required)
View Item |