DEWI, NITA NURMALA PERMATA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU DIGITAL INTERAKTIF GEOGRAFI BERBANTUAN APLIKASI HEYZINE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Sebaran Keragaman Budaya Nasional di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Cipongkor Kabupaten Bandung Barat). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (37kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (390kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (390kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (343kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (385kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (190kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (288kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (310kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (477kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (393kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (599kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan belum optimalnya penggunaan media pembelajaran terutama penggunaan bahan ajar buku digital interaktif yang dapat menunjang peserta didik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).Rumusan masalah penelitian ini mengenai pengembangan bahan ajar buku digital interaktif yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik terutama pada hasil kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahapan pengembangan bahan ajar buku digital interaktif berbantuan aplikasi heyzine flipbook yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development model ADDIE yang terbagi atas 5 tahapan, diantaranya tahapan analysis, tahap design, tahap development, tahap implementasi, dan evaluation dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara, studi eksperimen, angket atau tes.Variabel dalam penelitian ini yaitu bahan ajar buku digital interaktif sebagai variabel bebas dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan uji normalitas dan homogenitas data kemudian dilanjutkan dengan uji statistik non-parametrik menggunakan U-Mann Whitney dan Uji Linearitas.Hasil penelitian dengan pengujian U-Mann whitney menunjukan nilai Asymp signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan dalam artian Ho ditolak dan Ha diterima. Uji linearitas menunjukan bahwa nilai signifikan Deviation from linearity 0.171 > 0,05 maka H0 ditolak (Ha diterima). Dengan kata lain terdapat hubungan yang linear antara penggunaan buku digital interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Buku Digital Interaktif, heyzine flipbook, Hasil Belajar Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13748 |
Actions (login required)
View Item |