PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya)

APRILIYANI, INDAH (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
19 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk lebih terlibat dalam pembelajaran dan akan lebih menguatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penerapan dan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) menggunakan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test pilihan ganda sebanyak 38 soal. Selanjutnya Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning melalui media mind mapping dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen mendapatkan skor 88, dan kelas kontrol mendapatkan skor 76. Kemudian uji independent sample t-test dengan memperoleh hasil signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena sig. < α yaitu 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran project based learning melalui media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PJBL), Media Mind Mapping, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:22
Last Modified: 28 Aug 2024 03:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item View Item