PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN CANVA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI

TRIANI, ELIS (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN CANVA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (352kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (112kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul dengan canva pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berbasis nilai-nilai islami. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi instrumen, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Proses pengembangan diawali dengan tahap analysis yang menghasilkan pemilihan e-modul sebagai bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis masalah, dan mendapatkan capaian dan tujuan pembelajaran yang akan dimasukan pada e-modul. Tahap design menghasilkan rancangan e-modul mulai dari pendahuluan, materi dan penutup. Tahap selanjutnya development yang meliputi uji kelayakan e-modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli materi bidang matematika, hasil validasi ahli materi bidang keislaman dan hasil validasi ahli media menunjukan kriteria validitas “Sangat Layak” serta uji coba skala terbatas mendapat respon peserta didik dengan kriteria “sangat positif”. Tahap implementation melakukan uji coba skala meluas mendapat respon peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “Sangat Positif” dengan persentase 89,02%. Terakhir tahap evaluation yang dilakukan sepanjang proses penelitian mulai dari analysis sampai dengan implementation. Hasil penelitian ini adalah produk e-modul dengan canva pada materi SPLDV berbasis nilai-nilai islami yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan respon peserta didik. Kata kunci: E-Modul, SPLDV, Canva, Islami

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:21
Last Modified: 28 Aug 2024 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item