Anggraeni, Bella Dina (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH KARAKTERISTIK UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS DRAMA DALAM BENTUK NASKAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (28kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (111kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (118kB) |
|
Text
4. ABTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR .pdf Download (87kB) |
|
Text
6. DAFATAR ISI .pdf Download (26kB) |
|
Text
7. BAB I .pdf Download (119kB) |
|
Text
8. BAB II .pdf Download (249kB) |
|
Text
9. BAB III .pdf Download (395kB) |
|
Text
10. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (9kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks drama dalam bentuk naskah pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, angket dan hasil evaluasi pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi dan seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan yakni menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan teks drama sebanyak 19 peserta didik (57,58%) berhasil mencapai KKM dan 14 peserta didik (42,42%) belum mencapai KKM. Kemudian pada aspek keterampilan yakni meyajikan teks drama dalam bentuk naskah sebanyak 20 peserta didik (60,61%) berhasil mencapai KKM dan 13 peserta didik (39,39%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebanyak 33 peserta didik (100%) mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 80. Sesuai dengan data yang diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatakan kemampuan menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks drama dalam bentuk naskah pada peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:06 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13671 |
Actions (login required)
View Item |