PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE IN QUESTIONING, ANALYZING, SYNTHESIZING, AND EVALUATING (CinQASE) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

ANRIAN, RIAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE IN QUESTIONING, ANALYZING, SYNTHESIZING, AND EVALUATING (CinQASE) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN RIAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (154kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (571kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah menjadi keterampilan yang penting di abad ke�21 dan dibutuhkan dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ternyata skor rata-rata keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 1 Ciamis masih termasuk kriteria sangat kurang dengan nilai 24,37. Selain itu, mata pelajaran fisika dirasa sulit oleh mereka terutama materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CinQASE terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis berjumlah 7 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri dari XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Sampel diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain posttest-only design. Data diperoleh menggunakan instrumen berbentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:16
Last Modified: 27 Aug 2024 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item