PENDEKATAN PEMBELAJARAN GEOGRAPHY FOR KIDS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI GEMPA BUMI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Studi Di Kelas 5 SDN 1 Salakuray Desa Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut)

KHOERUNNISA, SALMA (2024) PENDEKATAN PEMBELAJARAN GEOGRAPHY FOR KIDS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI GEMPA BUMI PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Studi Di Kelas 5 SDN 1 Salakuray Desa Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (197kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengetahuan mitigasi bencana, khususnya gempa bumi, bagi peserta didik di daerah rawan bencana seperti Kabupaten Garut. Namun, materi pembelajaran geografi seringkali sulit dipahami oleh anak-anak karena sifatnya yang abstrak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran Geography For Kids dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa bumi pada peserta didik SDN 1 Salakuray, Kabupaten Garut. Pendekatan pembelajaran geography for kids ini dirancang untuk membuat konsep geografi lebih mudah dipahami oleh anak-anak melalui simulasi dan media visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan tiga tahap utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa bumi pada peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa peserta didik umumnya mampu memahami dan menerapkan langkah-langkah mitigasi gempa bumi dengan baik. Penerapan Geography For Kids memberikan dampak positif dan signifikan terhadap pengetahuan mitigasi bencana, membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran, Geography for Kids, Pengetahuan Mitigasi Gempa Bumi, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:53
Last Modified: 27 Aug 2024 01:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item