AJI, FARIDA NUR (2024) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 1 Sidareja Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0. COVER.pdf Download (65kB) |
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (105kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (7kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (9kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (141kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (74kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (409kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2024 di kelas X SMAN 1 Sidareja. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sidareja tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 10 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 356 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X E2 dan X E4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar berjumlah 22 pernyataan dan angket intensitas belajar berjumlah 31 pernyataan. Data prestasi belajar diperoleh dari Nilai ASTS 2 Biologi dengan jumlah soal sebanyak 40. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar (R=0,307; R2=0,094) kontribusi yang diberikan terhadap prestasi belajar yaitu 9,4%, kemudian terdapat hubungan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar (R=0,309; R2=0,096) kontribusi yang diberikan terhadap prestasi belajar yaitu 9,6%, selain itu terdapat juga hubungan yang signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran biologi (R=0,460; R2=0,211) sehingga kontribusi dari minat belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 21,1% dan termasuk ke dalam kategori korelasi yang sedang. Kata kunci : Minat belajar, intensitas belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:30 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13575 |
Actions (login required)
View Item |