Fadilah, Dzul Fahmi Faisal (2024) APLIKASI ARFURNITURE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN FURNITURE MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (134kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf Download (345kB) |
|
Text
3 Lembar Pernyataan.pdf Download (182kB) |
|
Text
4 Abstrak.pdf Download (165kB) |
|
Text
5 Kata Pengantar.pdf Download (143kB) |
|
Text
6 daftar isi .pdf Download (208kB) |
|
Text
7 daftar tabel .pdf Download (148kB) |
|
Text
8 daftar gambar .pdf Download (145kB) |
|
Text
9 Bab 1.pdf Download (165kB) |
|
Text
10 Bab 2.pdf Download (431kB) |
|
Text
11 Bab 3.pdf Download (184kB) |
|
Text
12 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
14 Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
15 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemasaran furniture menghadapi tantangan dalam memberikan pengalaman belanja yang memuaskan karena kekhawatiran konsumen terhadap produk yang mungkin tidak sesuai harapan. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan Augmented Reality (AR) dalam aplikasi ARFurniture berbasis Android diusulkan sebagai solusi. AR memungkinkan konsumen melihat bagaimana produk furniture akan terlihat di ruangan mereka sebelum membeli, sehingga mengurangi ketidakpuasan. Aplikasi ini menggunakan metode Markerless AR dan dikembangkan dengan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ARFurniture menyediakan fitur select, move, dan rotation, memungkinkan pengguna menyesuaikan model 3D furniture dengan ruangannya. Aplikasi dapat berjalan dengan baik pada berbagai resolusi layar. Pengujian menggunakan metode black box menunjukkan semua fungsi aplikasi berjalan sesuai harapan. Pengujian performa menunjukkan bahwa dengan intensitas cahaya 122 lux, kecepatan pendeteksian adalah 5,32 detik pada jarak 100 cm dan sudut 45°. Pada jarak 120 cm, kecepatan pendeteksian adalah 3,78 detik. Pada sudut 20°, kecepatan pendeteksian adalah 5,72 detik. Tekstur minimal kasar dibutuhkan untuk performa optimal. Reflektifitas menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan minimal 60% menghasilkan kecepatan pendeteksian 20,74 detik. Hasil pengujian dengan metode SUS menunjukkan nilai kelayakan 79,73% (acceptable), dengan grade scale C, dan rating excellent. Kata kunci: Augmented Reality, Furniture, Markerless, Pemasaran, System Usability Scale (SUS)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:25 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13553 |
Actions (login required)
View Item |