PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICORSE BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

PUTRI, RISNI MAULIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICORSE BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 LEBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5 SURAT REKOMENDASI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (7MB)
[img] Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dan penggunaan model pembelajaran konvensional. Hasil tes studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk kategori kurang dengan nilai 35,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICORSE berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik serta peningkatan keterampilan tersebut setelah penerapan model pembelajaran RICORSE berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang stasioner di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terpilih XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan 8 soal esai berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varians, uji hipotesis, dan analisis N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikasi (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,25 > 1,67), sehingga H0 ditolak dan H

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:18
Last Modified: 27 Aug 2024 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item View Item