PUTRI, RISNI MAULIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICORSE BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text
2 LEBAR PENGESAHAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (7MB) |
|
Text
5 SURAT REKOMENDASI.pdf Download (7MB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (7MB) |
|
Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (7MB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (7MB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (7MB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (7MB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dan penggunaan model pembelajaran konvensional. Hasil tes studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk kategori kurang dengan nilai 35,1%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICORSE berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik serta peningkatan keterampilan tersebut setelah penerapan model pembelajaran RICORSE berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang stasioner di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terpilih XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan 8 soal esai berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varians, uji hipotesis, dan analisis N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikasi (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,25 > 1,67), sehingga H0 ditolak dan H
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:18 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13541 |
Actions (login required)
View Item |