ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI ALJABAR

KURNIAWAN, INDRA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
3 LEMBAR REVISI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (961kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 LAMPIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari self confidence pada materi aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kemampuan literasi numerasi, angket self confidence dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang merupakan instrumen kunci, soal literasi numerasi pada materi aljabar yang terdiri dari soal uraian, dan angket self confidence. Penelitian dilaksanakan di SMP IT Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya di kelas VIII, diambil subjek sebanyak empat orang yang mewakali masing-masing kategori self confidence. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan soal tes kemampuan literasi numerasi, angket self confidence, dan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari self confidence pada materi aljabar. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua subjek dapat menyelesaikan permasalahan sesuai dengan indikator literasi numerasi. S3T memliki kemampuan literasi numerasi yang baik hal ini terlihat dari S3T mampu menerjakan soal literasi numerasi untuk memenuhi semua indikator. Selain itu S3T memiliki self confidence yang tinggi hal ini terlihat ketika S3T mengerjakan soal berdasarkan hasil observasi memiliki rasa percaya diri yang tinggi pada kemampuan diri sendiri, bertindak secara mandiri dalam mengambil keputusan, menghargai usaha diri sendiri, dalam mengemukakan pendapat S3T selalu bersemangat dan berani dalam mengahadapi masalah-masalah yang diberikan. S2S dan S21S memliki kemampuan literasi numerasi yang baik hal ini terlihat dari S2S dan S21S mampu mengerjakan soal literasi numerasi untuk memenuhi semua Selain itu S2S dan S21S memiliki self confidence yang sedang hal ini terlihat ketika S2S dan S21S mengerjakan soal, berdasarkan hasil observasi. Namun ada beberapa perbedaan yang terlihat antara S2S dan S21S dalam mengerjakan soal berdasarkan observasi. Hal ini terlihat ketika S2S mengerjakan soal dapat mengharagai usaha diri sendiri, S2S dalam mengemukakan pendapat selalu bersemangat pada saat berdiskusi, dan berani dalam menghadapi tantangan yang diberikan. Sedangkan S21S berdasarkan hasil observasi dalam mengerjakan soal terlihat bahwa S21S percaya diri pada kemampuan diri sendiri, dalam bertindak S21S selalu mandiri dalam mengambil setiap keputusan dan mengahargai usaha diri sendiri. S23R memliki kemampuan literasi numerasi yang baik hal ini terlihat dari S23R mampu mengerjakan soal literasi numerasi untuk memenuhi semua indakator. Selain itu S23R memiliki self confidence yang rendah hal ini terlihat ketika S23R mengerjakan soal, berdasarkan hasil observasi hanya dapat menghargai usaha diri sendiri dan berani dalam menghadapi tantangan. Kata Kunci : Literasi Numerasi, Self Confidence, Aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:49
Last Modified: 21 Aug 2024 06:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item