MAULA, SILPIANIS MATUL (2024) PENGARUH PERSISTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (424kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (405kB) |
|
Text
03. Lembar Pengesahan.pdf Download (356kB) |
|
Text
04. Kata Pengantar.pdf Download (407kB) |
|
Text
05. Daftar Isi.pdf Download (536kB) |
|
Text
06. Daftar Tabel.pdf Download (404kB) |
|
Text
07. Daftar Gambar.pdf Download (400kB) |
|
Text
08. Lembar Pernyataan.pdf Download (292kB) |
|
Text
09. BAB I.pdf Download (547kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (600kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) |
|
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
SILPIANIS MATUL MAULA. 2024. PENGARUH PERSISTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Bakti Widyaningrum, S.Pd., M.Pd., dan Rendra Gumilar, S.Pd., M.Pd. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persistensi diri, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey desain eksplanatori. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya yang berjumlah 163 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Kemudian persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu sebesar 2,66 < 26,412. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Persistensi Diri, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:19 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13444 |
Actions (login required)
View Item |