FAUZIAH, LUTFI (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (182kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (219kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (80kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (234kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (119kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (183kB) |
|
Text
07. Ucapan Terimakasih.pdf Download (188kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (213kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (186kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (119kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (293kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (506kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (996kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning (PBL) berbasis technological knowledge (TK) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 132 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan XI-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis sebanyak 10 soal uraian serta tes pemecahan masalah yang berjumlah 5 soal uraian. Data hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata nilai posttest berpikir kritis dan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ancova menunjukkan bahwa secara parsial, dengan pretest sebagai kovariat atau tanpa pretest, menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,050) artinya Ho ditolak. Secara simultan, nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,050) artinya Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh problem based learning (PBL) berbasis technological knowledge (TK) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 3 Ciamis baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL)¸TPACK, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13405 |
Actions (login required)
View Item |