Arifah, Silvi Naila (2024) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK PADA ANTOLOGI CERITA PENDEK MACAN YANG DITERBITKAN KOMPAS PADA TAHUN 2020 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SILVI.pdf Download (162kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN SILVI.pdf Download (130kB) |
|
Text
4. ABSTRAKL.pdf Download (28kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (98kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (119kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (234kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Salah satu materi yang dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu teks cerita pendek. Bahan ajar yang digunakan hendaknya bervariatif supaya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Namun, pendidik masih mengacu pada satu sumber bahan ajar saja yaitu buku paket sehingga kompetensi dasar mengonstruksi teks cerita pendek kurang tercapai. Pendidik memerlukan bahan ajar pendukung lainnya agar kompetensi dasar dapat tercapai. Salah satu bahan ajar lainnya yaitu teks cerita pendek pada kumpulan cerita pendek Macan yang diterbitkan Kompas pada Tahun 2020. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks cerita pendek tersebut dijadikan alternative bahan ajar pada kelas XI, perlu dilakukan penelitian. Atas dasar tersebut penulis melakukan penelitian terhadap teks cerita pendek pada kumpulan cerita pendek Macan yang diterbitkan Kompas pada Tahun 2020. Metode deskriptif analitis adalah metode penelitian yang penulis gunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan studi pustaka. Data penelitian yang penulis gunakan adalah tiga cerita pendek yang diambil berdasarkan penarikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga teks cerita pendek memiliki kelengkapan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar teks cerita pendek 3.9 dan kompetensi dasar 4.9. Selain itu, sesuai dengan keterbacaan bahan ajar teks cerita pendek yang meliputi bahasa, psikologi peserta didik dan sudut latar belakang peserta didik. Dari hasil analisis unsur pembangun cerita pendek menghasilkan modul. Hasil uji validasi modul oleh tiga ahli diperoleh nilai 100% kategori sangat valid. Oleh karena itu bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek pada kelas XI SMA/SMK/MA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:04 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13389 |
Actions (login required)
View Item |