RAMADANI, RENA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (61kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI .pdf Download (148kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYTAAN .pdf Download (23kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (60kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI .pdf Download (99kB) |
|
Text
7. BAB 1 .pdf Download (96kB) |
|
Text
8. BAB 2 .pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (108kB) |
|
Text
10. BAB 4 .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 5 .pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (144kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur atau langkah-langkah pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Edutainment berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi persamaan garis lurus dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kisi-kisi wawancara studi pendahuluan dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi dan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis HTML5 dan berbasis Android dengan nama GRAMATH FUN. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media pembelajaran yang diukur berdasarkan kesesuaian media, kesesuaian isi dan kesesuaian instruksional. Pada penilaian kesesuaian media, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak dengan mendapat skor rata-rata 92%, untuk penilaian kesesuaian isi, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak dengan mendapat skor rata-rata 93% dan berdasarkan angket penilaian kesesuaian instruksional pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kepada peserta didik, media pembelajaran dinyatakan masuk dalam kategori sangat layak dengan masing-masing mendapat skor rata-rata 89% dan 92% sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Edutainment berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi persamaan garis lurus ini dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Edutainment Articulate Storyline 3, Persamaan Garis Lurus
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:03 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13386 |
Actions (login required)
View Item |