PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK (SPRINT) PADA MATA PELAJARAN PJOK

GUNAWAN, INDRA (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK (SPRINT) PADA MATA PELAJARAN PJOK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (73kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (32kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (268kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek (sprint) menggunakan pendekatan saintifk pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sindangkasih. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa putri dan 18 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi/ pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus daur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran lari jarak pendek (sprint) mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada angka 75 untuk hasil belajar lari jarak pendek (sprint) sebanyak 15 orang atau 42%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi 23 siswa atau 63,88% telah mencapai indikator target siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar yaitu sebanyak 33 siswa atau 91,66% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah pendgunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran lari jarak pendek (sprint) dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek (sprint) pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sindangkasih. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Lari Jarak Pendek (Sprint)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:01
Last Modified: 16 Aug 2024 09:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item