Ummah, Naya Rohhmatul (2024) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-A SMP Terpadu Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Putri Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (111kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (125kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (279kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya siswa kelas VIII-A SMP Terpadu Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Putri tahun ajaran 2022/2023 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks berita pada siswa kelas VIII-A SMP Terpadu Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Putri tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran KD 3.2, terdapat siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang siswa (62,96%) dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 10 orang siswa (37,03%). Pada pembelajaran KD 4.2, terdapat siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang siswa (59,25%) dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 orang siswa (40,74%). Pada siklus kedua hasil belajar siswa meningkat karena semua siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, berdasarkan hasil perbandingan dengan menggunakan Uji Wilcoxon, baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan, di peroleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (81,8). Artinya, model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menulis teks berita pada siswa kelas VIII-A SMP Terpadu Riyadlul ‘Ulum Wdaa’wah Putri Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13357 |
Actions (login required)
View Item |