STRATEGI KOMUNIKASI PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PROGRAM Z-CHICKEN BAZNAS KABUPATEN TASIKMALAYA

Lazuardi, Moch Harlin (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PROGRAM Z-CHICKEN BAZNAS KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (226kB)
[img] Text
02 PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
05 Pedoman Transliterasi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar - Daftar Gambar.pdf

Download (214kB)
[img] Text
07 BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
08 BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
09 BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
13 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu program penyaluran dana zakat, infaq, shadaqah (ZIS) yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya adalah program Z-Chicken. Namun program tersebut belum dapat berjalan efektif karena terjadinya hambatan komunikasi antara BAZNAS dengan mustahik selaku penerima manfaat. Hambatan komunikasi terjadi karena mustahik penerima bantuan program Z-Chicken memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi, sehingga menghambat alur koordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pendayagunaan zakat produktif terhadap program Z-Chicken BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer yang didapat dari wawancara Bersama pihak BAZNAS dan mustahik penerima manfaat, serta data sekunder yang berasal dari buku atau penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Selanjutnya, peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian yang didukung oleh pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 langkah-langkah strategi komunikasi, 3 diantaranya sudah berjalan efektif yaitu mengenai mengenal khalayak, menyusun pesan dan penggunaan media. Ketiga langkah-langkah strategi komunikasi tersebut efektif karena memberikan dampak yang baik dalam strategi komunikasi antara BAZNAS dan mustahik. Sementara itu, langkah-langkah strategi komunikasi menetapkan metode komunikasi dikatakan belum efektif karena komunikasi yang dilakukan dalam pendampingan secara langsung sudah jarang dilakukan oleh pihak BAZNAS. Komunikasi hanya dilakukan sebatas ada kebutuhan order bahan baku ke stock point BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Dari hasil analisis tersebut menyatakan bahwa dalam menetapkan metode komunikasi belum efektif dilakukan oleh pihak BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Oleh karena itu, dalam menetapkan metode komunikasi yang belum efektif dalam pelaksanaannya harus lebih diperhatikan lagi dan menjadi bahan evaluasi untuk pihak BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Agar kemudian proses komunikasi yang akan dilakukan untuk kedepannya antara pihak BAZNAS dengan para mustahik penerima bantuan program Z-Chicken itu sendiri bisa berjalan dengan baik. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Zakat Produktif, Program Z-Chicken BAZNAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:51
Last Modified: 15 Aug 2024 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item