HANIFA, DINA (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (171kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keaslian.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. Abstract.pdf Download (158kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (121kB) |
|
Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (59kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (81kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (58kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (60kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (61kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (146kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (212kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (575kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya pada materi Bioteknologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 319 peserta didik terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil menggunakan Teknik purposive sampling, diperoleh kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model discovery learning, sedangkan di kelas eksperimen menggunakan model project based learning. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan jumlah 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan angket Collaboration Self-asessment Tool (CSAT) dengan 11 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi di kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:56 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13220 |
Actions (login required)
View Item |