Silvia, Resa (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VIII MTs Jidris Assalam Kota Tasimalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
13 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kompetensi dasar 3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dan 4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII di MTs Jidris Assalam berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks ekplanasi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas VIII MTs Jidris Assalam Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik tes, da teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa dalam KD 3.10 (pengetahuan) pada siklus I dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (53%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 8 orang (47%). Pada siklus II dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 17 orang (100%). Dalam KD 4.10 (keterampilan) dalam menyajikan teks eksplanasi pada siklus I peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 3 orang (18%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (82%). Pada siklus II dalam menyajikan teks eksplanasi semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 17 orang (100%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13195 |
Actions (login required)
View Item |