DEWI, INEU PUSPITA (2024) PENGGUNAAN GUA JEPANG DI PANGANDARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 PANGANDARAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (61kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (106kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (46kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (12kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (101kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (157kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (91kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan guru sebelum menggunakan gua Jepang, mendeskripsikan proses penggunaan Gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah dan mendeskripsikan kelebihan serta kekurangan penggunaan Gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah pada materi pendudukan Jepang di Indonesia bagi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode naratif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara semi terstruktur dengan instrumen berupa catatan lapangan dan pedoman wawancara. Teknik validitas pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Tahapan pra penelitian yaitu observasi sudah dilakukan dengan teknik observasi tidak terstruktur. Temuan dari penelitian ini, didapatkan informasi bahwa penggunaan gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah mampu dijadikan sumber belajar sejarah yang baik. Kelebihan dari penggunaan gua Jepang mampu memberikan penjelasan konkret untuk memudahkan peserta didik memahami tentang pendudukan Jepang di Indonesia. Kekurangan dari penggunaan Gua Jepang di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal yaitu adanya gaya belajar dan antusias peserta didik yang berbeda-beda dan faktor eksternal yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama serta gejala alam yang berhubungan dengan kondisi di Cagar Alam. Hasil penggunaan gua Jepang sebagai sumber belajar sejarah ternyata mampu menumbuhkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam memahami materi sejarah khususnya materi terkait pendudukan Jepang di Indonesia. Kata Kunci : Sumber Belajar, Belajar Sejarah, Gua Jepang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13169 |
Actions (login required)
View Item |