PRATAMA, MUHAMMAD IQBAL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN UNITY DALAM MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (605kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (684kB) |
|
Text
3. SK Revisi Skripsi.pdf Download (699kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan.pdf Download (655kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (527kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (595kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (572kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (568kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (569kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (568kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (540kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (552kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (682kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (599kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
MUHAMMAD IQBAL PRATAMA. 2024. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN UNITY DALAM MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain dan kelayakan media pembelajaran berbantuan unity pada materi geometri transformasi serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar kisi-kisi wawancara dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini diperoleh dari satu ahli media, satu ahli materi, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi berbantuan unity dengan nama Medijar seri GT. Media pembelajaran dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, serta kualitas instruksional. Pada penilaian kualitas teknis, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, begitupun pada penilaian kualitas materi, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, dan berdasarkan angket penilaian kualitas instruksional pada implementasi kepada peserta didik, media pembelajaran ini mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, unity, media pembelajaran, geometri transformasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13141 |
Actions (login required)
View Item |