PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN UNITY DALAM MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI

PRATAMA, MUHAMMAD IQBAL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN UNITY DALAM MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (605kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (684kB)
[img] Text
3. SK Revisi Skripsi.pdf

Download (699kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan.pdf

Download (655kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (527kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (595kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (572kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (568kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (569kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (568kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (682kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (599kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MUHAMMAD IQBAL PRATAMA. 2024. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN UNITY DALAM MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain dan kelayakan media pembelajaran berbantuan unity pada materi geometri transformasi serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar kisi-kisi wawancara dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini diperoleh dari satu ahli media, satu ahli materi, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi berbantuan unity dengan nama Medijar seri GT. Media pembelajaran dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, serta kualitas instruksional. Pada penilaian kualitas teknis, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, begitupun pada penilaian kualitas materi, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, dan berdasarkan angket penilaian kualitas instruksional pada implementasi kepada peserta didik, media pembelajaran ini mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, unity, media pembelajaran, geometri transformasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:48
Last Modified: 14 Aug 2024 08:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item