KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)DALAMPEMBELAJARAN MENELAAH UNSUR-UNSUR, KEBAHASAAN, DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN DINAS (Eksperimen pada Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran2017/2018)

Mutoharoh, Siti (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)DALAMPEMBELAJARAN MENELAAH UNSUR-UNSUR, KEBAHASAAN, DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN DINAS (Eksperimen pada Siswa KelasVII SMP Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover FIX 1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
4 ABSTRAK Siti 2.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
5 Daftar Isi_ Daftar Tabel_ Daftar Grafik fix.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6 BAB 1 2 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
7 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
8 BAB 5 Surat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
9 daftar pustaka..pdf

Download (91kB)

Abstract

Materi surat dalam kurikulum 2013 edisi revisi terbagi menjadi surat pribadi dan surat resmi atau sering dikenal dengan surat dinas. Lebih jelasnya, kompetensi dasar mengenai surat pribadi dan surat dinas dituangkan dalam KD nomor 3.14 yaitu “Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar” dan KD nomor 4.14 yaitu “Menulis surat (surat pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi”. Artinya siswa harus mampu menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas serta mampu menulis surat pribadi dan surat dinas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur, kebahasaan dan menulis surat pribadi dan surat dinas eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan.Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran2017/2018. Nilai rata-rata pascates untuk kelas eksperimen yaitu kelas VII A mencapai nilai 85,36 untuk kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasan surat pribadi, nilai 77,68 untuk kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas, nilai 94 untuk kemampuan menulis surat pribadi dan untuk kemampuan menulis surat dinas mencapai nilai 71,78, sedangkan untuk kelas kontrol di kelas VII C mencapai nilai 81,86 untuk kemampuan menelaah unsur-unsur surat pribadi, nilai 74,95 untuk menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat dinas, nilai 81,86 untuk kemampuan menulis surat pribadi dan untk kemampuan menulis surat dinas menvapai nilai 70,86. Data nilai kedua kelompok dihitung secara statistik, diperoleh hasil W-hitung (0) < W-daftar (49). Artinya terdapat perbedaan yang sinigfikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur, kebahasaan dan menulis surat pribadi dan surat dinas kegiatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:16
Last Modified: 28 Oct 2019 04:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item