MULYANAH, SITIAWATI (2024) KORELASI EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN TINGKAT STRES AKADEMIK TERHADAP COGNITIVE LOAD PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional kelas XI di SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (234kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (233kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (411kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, DAN LAMPIRAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (266kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (309kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (989kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIAWAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
Abstract
Pendidikan abad-21 menyoroti pentingnya pemahaman tentang cognitive load dan emotional intelligence dalam proses belajar mengajar pemahaman tentang cognitive load dan emotional intelligence dalam proses belajar mengajar menjadi penting karena keduanya saling terkait dalam membentuk pengalaman belajar yang efektif dan berdaya guna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi emotional intelligence dan tingkat stres akademik terhadap cognitive load peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 190 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner emotional intelligence sebanyak 44 pernyataan, tingkat stres akademik sebanyak 16 pernyataan, 20 cognitive load pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi bivariat dan multivariat. Hasil penelitian yang diperoleh ada korelasi emotional intelligence dan tingkat stres akademik terhadap cognitive load peserta didik dengan koefisien korelasi (R) 0,957 artinya memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Koefisien determinasi variabel emotional intelligence dan tingkat stres akademik terhadap cognitive load diperoleh R2 0,916 artinya variabel emotional intelligence dan tingkat stres akademik memberikan kontribusi terhadap cognitive load sebesar 91.6% sedangkan sisanya sebesar 8,4% merupakan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya penelitian ini yaitu ada korelasi antara emotional intelligence dan tingkat stres akademik terhadap cognitive load peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Kata Kunci: biologi; cognitive load; emotional intelligence; tingkat stres akademik;
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:04 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13038 |
Actions (login required)
View Item |