Ummah, Zakiyah Choerul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Fase E SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (475kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (78kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (117kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (443kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (993kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil asesmen diagnostik kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan dengan rata-rata persentase 15,32 % dengan kategori sangat rendah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Posttest only control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan tes yang diberikan setelah siswa mendapatkan perlakuan (posttest) berbentuk esai dengan jumlah soal 5 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ( = 0,05) menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) diperoleh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:02 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13029 |
Actions (login required)
View Item |