PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Fase E SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Ummah, Zakiyah Choerul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Fase E SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (78kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (443kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (993kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil asesmen diagnostik kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan dengan rata-rata persentase 15,32 % dengan kategori sangat rendah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Posttest only control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan tes yang diberikan setelah siswa mendapatkan perlakuan (posttest) berbentuk esai dengan jumlah soal 5 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ( = 0,05) menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:02
Last Modified: 12 Aug 2024 01:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item