Shiddiq, Muhammad Irsyad (2024) PENGEMBANGAN GAME PLETOK WAR DENGAN METODE ATUMICS DAN GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL PLETOKAN DI ERA MODERN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (155kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (10kB) |
|
Text
6. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (115kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (65kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (26kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (486kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (133kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Keberagaman budaya sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia, berbagai budaya sudah ada sejak zaman dahulu, salah satu contoh warisan budaya leluhur adalah permainan tradisional. Pada masa nya permainan tradisional banyak digemari oleh masyarakat baik muda maupun tua, salah satunya adalah permainan tradisional bambu pletokan, bambu pletokan adalah nama dari senjata mainan berbentuk senapan yang terbuat dari bambu, dan pelurunya menggunakan kertas yang dibasahi ataupun biji-bijian. Permainan tradisional memerlukan alat-alat tertentu agar permainan dapat dilakukan, sedangkan permainan modern tidak memerlukan peralatan cukup dengan menggunakan teknologi terkini yang tersedia pada saat ini. Perubahan zaman yang begitu pesat menjadikan permainan tradisional tergeser oleh permainan modern. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melakukan transformarsi permainan tradisional pletokan menjadi permainan digital berbasis android. Metode yang digunakan untuk proses transformasi dari konsep permainan tradisional ke permainan digital menggunakan pendekatan ATUMICS. Untuk pembuatan aplikasi permainan menggunakan metode pengembangan game Game Development Life Cycle (GDLC). Gabungan metode ATUMICS dan metode GDLC digunakan agar transformasi permainan tradisional ke bentuk digital dapat dibuat tanpa mengurangi unsur kebudayaan yang ada pada permainan tradisional tersebut dan sesuai dengan konsep rekayasa perangkat lunak. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan sebuah permainan pletokan berbasis android dengan hasil pengujian menggunakan blackbox menunjukan fungsionalitas dari game berjalan sesuai yang diinginkan, dan berdasarkan pengujian system usability scale mendapatkan nilai 72%. Hasil persentase tersebut menunjukan bahwa game termasuk dalam kriteria good, grade C, dan acceptable. Berdasarkan perolehan kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa game dapat diterima oleh masyarakat dan dapat dijadikan sebagai upaya pengenalan kembali permainan tradisional pletokan. Kata Kunci: ATUMICS, Permainan, Pletokan, Tradisional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12864 |
Actions (login required)
View Item |