TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI DESA DAYEUHLUHUR KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP

MUSLIMAH, HANIPAH NIK (2024) TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI DESA DAYEUHLUHUR KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (120kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf

Download (112kB)
[img] Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
10. BAB IV GAMBARAN UMUM WILAYAH PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
11. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
12. BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penyuluh memiliki peran dalam keberhasilan usahatani. Kinerja pelayanan penyuluh diukur melalui tingkat kepuasan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja pelayanan penyuluh pertanian dilihat dari dimensi kualitas pelayanan, atribut yang menjadi prioritas utama peningkatan kinerja pelayanan penyuluh pertanian, dan tingkat kepuasan petani terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode simpel random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, dari bulan November 2023 hingga April 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 42 petani. Analisis data penelitian menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepentingan terdapat tiga dimensi termasuk ke dalam kategori sangat penting, yaitu dimensi kepercayaan, kepastian, dan empati, sementara dua atribut lainnya yaitu berwujud dan ketanggapan termasuk ke dalam kategori penting. Tingkat kinerja terdapat satu dimensi yaitu kepercayaan yang termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan empat dimensi lainnya yaitu berwujud, ketanggapan, kepastian, dan empati termasuk ke dalam kategori baik. Terdapat tujuh atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerja pelayanannya. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan tingkat kepuasan petani padi terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori sangat puas. Kata kunci: penyuluh pertanian, tingkat kepentingan, tingkat kinerja, kepuasan petani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:29
Last Modified: 01 Aug 2024 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item View Item