MUSLIMAH, HANIPAH NIK (2024) TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI DESA DAYEUHLUHUR KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (120kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (100kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf Download (112kB) |
|
Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
10. BAB IV GAMBARAN UMUM WILAYAH PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
11. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
12. BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Abstract
Penyuluh memiliki peran dalam keberhasilan usahatani. Kinerja pelayanan penyuluh diukur melalui tingkat kepuasan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja pelayanan penyuluh pertanian dilihat dari dimensi kualitas pelayanan, atribut yang menjadi prioritas utama peningkatan kinerja pelayanan penyuluh pertanian, dan tingkat kepuasan petani terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode simpel random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, dari bulan November 2023 hingga April 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 42 petani. Analisis data penelitian menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepentingan terdapat tiga dimensi termasuk ke dalam kategori sangat penting, yaitu dimensi kepercayaan, kepastian, dan empati, sementara dua atribut lainnya yaitu berwujud dan ketanggapan termasuk ke dalam kategori penting. Tingkat kinerja terdapat satu dimensi yaitu kepercayaan yang termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan empat dimensi lainnya yaitu berwujud, ketanggapan, kepastian, dan empati termasuk ke dalam kategori baik. Terdapat tujuh atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerja pelayanannya. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan tingkat kepuasan petani padi terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori sangat puas. Kata kunci: penyuluh pertanian, tingkat kepentingan, tingkat kinerja, kepuasan petani.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12832 |
Actions (login required)
View Item |