ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HIDAYAH, MIFTAHUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (290kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (58kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Ciamis. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematika, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman matematika dan angket gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemahaman matematika yang menyelesaikan seluruh indikator kemampuan pemahaman matematika, memenuhi ciri gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang diperoleh melalui angket gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa baik peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik, sama-sama memiliki kemampuan pemahaman fungsional dengan mampu memenuhi indikator mengaitkan satu konsep dengan konsep lain. Namun, untuk kemampuan komputasional hanya dimiliki oleh peserta didik dengan gaya belajar visual karena ia mampu memenuhi indikator menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan melakukan perhitungan secara algoritmik. Peserta didik auditorial dan kinestetik sama-sama belum memiliki kemampuan komputasional, hal ini dikarenakan keduanya tidak memenuhi indikator mengerjakan perhitungan secara algoritmik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:06
Last Modified: 30 Jul 2024 01:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item