Fauzi, Fahmi Rizky (2023) EVALUASI USABILITY MOBILE JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN HEURISTIC EVALUATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (159kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan TA.pdf Download (127kB) |
|
Text
03. Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (120kB) |
|
Text
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (115kB) |
|
Text
05. Abstrak.pdf Download (77kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (132kB) |
|
Text
07. Daftar Isi.pdf Download (18kB) |
|
Text
08. Daftar Tabel.pdf Download (84kB) |
|
Text
09. Daftar Gambar.pdf Download (8kB) |
|
Text
10. Daftar Persamaan.pdf Download (81kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (84kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (27kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (604kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (54kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu kemajuan teknologi yang diperkenalkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang berbasis android untuk membantu masyarakat dalam melakukan pelayanan administrasi mengenai BPJS Kesehatan. Rating playstore aplikasi Mobile JKN tercatat 4,4 dari 5 bintang. Berdasarkan ulasan pengguna pada Playstore masih terdapat keluhan seperti sulit untuk mengakses aplikasi, captcha yang terus salah walaupun sudah mengisi dengan benar, data yang salah saat daftar bisa sukses terdaftar yang berarti validitas databasenya tidak sinkron dengan data faktualnya menyebabkan pengguna merasa kurang puas terhadap aplikasi. Penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas usability dari aplikasi dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan heuristic evaluation. Penelitian dengan metode SUS diperoleh skor sebesar 54,75 yang didapat dari sampel yang berjumlah 100 responden. Hasil menunjukkan skor tersebut berada pada grade D yang menunjukkan bahwa responden menilai bahwa aplikasi yang dibuat tergolong baik, dari segi Net Promoter Score (NPS) menunjukkan bahwa responden bersikap detractor yang berarti pengguna merasa kurang puas terhadap usability aplikasinya. Berdasarkan hasil penelitian heuristic evaluation, ditemukan sebanyak 33 permasalahan yang didapat oleh 3 evaluator.” Temuan masalah pada kesepuluh aspek heuristic, terdapat 2 aspek yang memiliki masalah tertinggi dengan rata-rata sebesar 2 pada kategori minor yaitu aesthetic and minimalist design dan consistency and standards, 6 aspek memiliki tingkat severity rating tingkat cosmetic problem, dan hanya 2 aspek yang berkategori tidak ada masalah yaitu Match between system and the real world dan Flexibility and efficiency of use. Rekomendasi diusulkan untuk meningkatkan kegunaan aplikasi mobile JKN di masa depan. Rekomendasi yang diberikan difokuskan pada peningkatan fungsionalitas dan informasi pada kategori cosmetic problem dan minor serta kriteria Nielsen yang telah dikaitkan dengan pertanyaan SUS. Kata Kunci : Evaluasi Usability, System Usability Scale, Heuristic Evaluation, Mobile JKN
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12704 |
Actions (login required)
View Item |