IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MUBAROKIYAH, TASYA AZIZAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-CREATE (RADEC) DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. Abstrak_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. Kata Pengantar_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. Ucapan Terima Kasih_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. Daftar Isi_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. Daftar Tabel_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. Daftar Gambar_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB 1_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB 2_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB 3_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB 4_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB 5_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka_Tasya Azizah M.pdf

Download (3MB)
[img] Text
17. Lampiran_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup_Tasya Azizah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di MA Negeri 1 Tasikmalaya, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-Create (RADEC) dengan metode praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Tasikmalaya dengan populasi penelitian sebanyak 263 peserta didik yang termuat dalam 8 kelas XI MIPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 (33 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 (33 orang) sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik maka dilakukan tes sebelum diberi perlakuan (pretest) dan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berupa soal pilihan ganda beralasan. Soal yang diberikan sebanyak 12 butir yang mewakili 6 indikator keterampilan proses sains dasar pada materi suhu dan kalor. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis penguasaan keterampilan proses sains, analisis keterlaksanaan model pembelajaran, analisis N-Gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:27
Last Modified: 26 Jul 2024 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item