AWALUDIN, ROBI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (PBL-STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (252kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (54kB) |
|
Text
5. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf Download (450kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (63kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (73kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (135kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (262kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam materi usaha dan energi serta kurangnya inovasi dalam pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PBL-STEM) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian semu (Quasy Eksperimental) dengan menggunakan desain nonequevalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 394 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas masing-masing berjumlah 35 orang. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 10 soal pada materi usaha dan energi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t,) dengan kriteria pengujian pada taraf signifikasi (α = 0,05). Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa nilai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12631 |
Actions (login required)
View Item |