NURHIDAYAT, MUHAMMAD AGNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPA di MA Idrisiyyah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (91kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (0B) |
|
Text
3. Pernyataan keaslian karya ilmiah.pdf Download (0B) |
|
Text
4. Rekomendasi penguji sidang.pdf Download (0B) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (0B) |
|
Text
6. Kata pengantar.pdf Download (0B) |
|
Text
7. Ucapan terimakasih.pdf Download (0B) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (0B) |
|
Text
9. Daftar tabel.pdf Download (0B) |
|
Text
10. Daftar gambar.pdf Download (0B) |
|
Text
11. Daftar lampiran.pdf Download (0B) |
|
Text
13. Bab 2.pdf Download (11MB) |
|
Text
12. Bab 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
14. Bab 3.pdf Download (3MB) |
|
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
15. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
19. Riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan perkembangan zaman dalam mencari pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa kelas x pada materi usaha dan energi. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling yang terdiri dari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest dengan menggunakan ujit hitung didapatkan kesimpulan Ho ditolak dan H₁ diterima. Artinya, penerapan model inkuiri terbimbing terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Lembar keterlaksanaan model inkuiri terbimbing secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai presentase sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran peneliti konsisten menerapkan sintaks model inkuiri terbimbing. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, PhET, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:28 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12627 |
Actions (login required)
View Item |