PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPA di MA Idrisiyyah)

NURHIDAYAT, MUHAMMAD AGNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPA di MA Idrisiyyah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (0B)
[img] Text
3. Pernyataan keaslian karya ilmiah.pdf

Download (0B)
[img] Text
4. Rekomendasi penguji sidang.pdf

Download (0B)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text
6. Kata pengantar.pdf

Download (0B)
[img] Text
7. Ucapan terimakasih.pdf

Download (0B)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (0B)
[img] Text
9. Daftar tabel.pdf

Download (0B)
[img] Text
10. Daftar gambar.pdf

Download (0B)
[img] Text
11. Daftar lampiran.pdf

Download (0B)
[img] Text
13. Bab 2.pdf

Download (11MB)
[img] Text
12. Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
19. Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan perkembangan zaman dalam mencari pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa kelas x pada materi usaha dan energi. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling yang terdiri dari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest dengan menggunakan ujit hitung didapatkan kesimpulan Ho ditolak dan H₁ diterima. Artinya, penerapan model inkuiri terbimbing terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Lembar keterlaksanaan model inkuiri terbimbing secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai presentase sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran peneliti konsisten menerapkan sintaks model inkuiri terbimbing. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, PhET, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:28
Last Modified: 31 Jul 2024 06:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item View Item