HERMAWAN, M. FARID (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X-4 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (150kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (281kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (185kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (188kB) |
|
Text
8. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (183kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (268kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (366kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (310kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X-4 MAN 3 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 3 Tasikmalaya. Sumber data dan informasi teridiri dari peserta didik, guru, Modul, dan Silabus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terjadi dalam dua arah guru dan peserta didik mempunyai peran yang sama penting, guru harus menyiapkan permasalahan yang akan didiskusikan oleh peserta didik, masalah yang didiskusikan harus sesuai dengan keadan di lapangan, peserta didik dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan permasalahan yang telah diberikan oleh guru, sesudah diskusi selesai peserta didik melaporkan dan melakukan kegiatan tanya jawab. Kelebihan model problem based learning ini peserta didik tidak terbatas untuk mencari informasi, kekurangan model Problem Based Learning meyebabkan kelas kurang kondusif. Hasil dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat perubahan tingkah laku pada peserta didik seperti, terlatih berkomunikasi dan menjadi aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12577 |
Actions (login required)
View Item |