Aulia, Nauval Ardiyan (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKS MULTIMODAL DALAM BENTUK VIDEO PERTUNJUKAN MUSIKALISASI PUISI PURAGABAYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS LEGENDA (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
2-Lembar Pengesahan.pdf Download (200kB) |
|
Text
4-Abstrak.pdf Download (261kB) |
|
Text
1-Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
6-Daftar Isi.pdf Download (128kB) |
|
Text
5-Kata Pengantar.pdf Download (264kB) |
|
Text
3-Lembar Peryataan.pdf Download (156kB) |
|
Text
8-Daftar Diagram.pdf Download (9kB) |
|
Text
7-Daftar Tabel.pdf Download (11kB) |
|
Text
10-Daftar Lampiran.pdf Download (258kB) |
|
Text
12-BAB II.pdf Download (576kB) |
|
Text
9-Daftar Gambar.pdf Download (146kB) |
|
Text
11-BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
13-BAB III.pdf Download (805kB) |
|
Text
14-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
16-Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
|
Text
18-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17-Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah KD 3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar dan KD 4.15 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Pengaruh penggunaan video pertunjukan musikalisasi puisi Puragabaya terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi teks legenda dan menceritakan kembali isi teks legenda (Eksperimen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh penggunaan teks multimodal dalam bentuk video pertunjukan musikalisasi puisi puragabaya terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks legenda” (Eksperimen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Berdasarkan hasil penelitian wilcoxon, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi teks legenda yakni 38,8475 (pretest) dan 89,25 (posttest). Dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi teks legenda yakni 44,75 (pretest) dan 75,53 (posttest). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest dan posttest. Peserta didik pada posttest memiliki kemampuan lebih baik dibanding peserta didik pada pretest setelah diberi perlakuan penggunaan teks multimodal. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teks multimodal berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks legenda pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Dari peryataan tersebut, hipotesis yang diajukan penulis diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12569 |
Actions (login required)
View Item |