PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Terpadu Darussalam Kabupaten Tasikmalaya)

SABILA, ADELA ZULFA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Terpadu Darussalam Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (4kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (904kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (515kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi pendekatan pembelajaran dan media yang kurang beragam juga kendala terkait fasilitas praktikum di laboratorium, dan kesulitan siswa dalam memahami konsep gerak melingkar. Peneliti merespon tantangan tersebut dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan SAVI dan platform Articulate Storyline 3. Tujuan penelitian mencakup deskripsi karakteristik pembuatan multimedia pembelajaran interaktif terkait gerak melingkar dengan pendekatan SAVI dan perangkat Articulate Storyline 3, evaluasi tingkat validitasnya, serta penilaian tingkat kepraktisannya. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE sebagai kerangka kerja. Uji coba dilaksanakan pada dua kelas, yakni XI MIPA B dan XI MIPA C, dengan jumlah peserta masing-masing 31 orang. Kelayakan multimedia pembelajaran dinilai melalui validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan menggunakan indeks validasi Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks validasi Aiken untuk ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berturut-turut adalah 0,89, 0,92, dan 0,89, dengan kategori sangat valid. Sementara itu, rata-rata persentase kepraktisan mencapai 96%, menandakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini sangat praktis dalam konteks pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan SAVI terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu media, materi, dan bahasa. Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dari hasil validasi tim ahli media, materi, bahasa sangat layak dan respon peserta didik sangat praktis untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pendekatan SAVI, Articulate Storyline 3, Gerak Melingkar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:27
Last Modified: 22 Jul 2024 06:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item