PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI METAKOGNISI

M, ASEP ABDUL AZIZ (2021) PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI METAKOGNISI. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
5. ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (83kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. TESIS BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
9. TESIS BAB 2.pdf

Download (284kB)
[img] Text
10. TESIS BAB 3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
11. TESIS BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
12. TESIS BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN 3.1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN 5-6-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
18. Lampiran 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
19. Lampiran 9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
20.Lampiran 10.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik ditinjau dari metakognisi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan adalah angket metakognisi, dan soal berpikir kreatif matematik. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang yang diambil dari kelas XI MIPA berdasarkan klasifikasi metakognisi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukan bahwa proses berpikir kreatif siswa yang memiliki klasifikasi metakognisi baik yaitu 1) pada tahap persiapan siswa mampu memahami masalah dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, 2) pada tahap inkubasi siswa melakukan aktivitas merenung untuk mencari ide yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, 3) pada tahap iluminasi siswa mampu menemukan ide untuk menyelesaikan soal tersebut dengan menuliskan fakta-fakta atau informasi yang ada pada soal tersebut ke dalam tabel informasi yang telah dibuatnya secara lengkap, 4) pada tahap verifikasi siswa mampu menyelesaikan masalah secara sistematis dan menyeluruh sesuai prosedur. Proses berpikir kreatif matematik subjek yang memiliki klasifikasi metakognisi cukup baik, yaitu 1) pada tahap persiapan siswa mampu memahami masalah dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, 2) pada tahap inkubasi siswa melakukan aktivitas merenung untuk mencari ide yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, 3) pada tahap iluminasi siswa mampu menemukan ide untuk menyelesaikan soal tersebut dengan menuliskan fakta-fakta atau informasi yang ada pada soal tersebut ke dalam tabel informasi yang telah dibuatnya tetapi belum lengkap, 4) pada tahap verifikasi siswa mampu menyelesaikan masalah sampai akhir. Proses berpikir kreatif matematik subjek yang memiliki klasifikasi metakognisi kurang baik, yaitu 1) pada tahap persiapan siswa belum mampu memahami masalah dan mengungkap informasi soal yang belum lengkap, 2) pada tahap inkubasi siswa melakukan aktivitas merenung cukup lama untuk mencari ide yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, 3) pada tahap iluminasi siswa belum mampu mengidentifikasi informasi yang relevan dan tidak relevan, 4) pada tahap verifikasi siswa tidak mampu menyelesaikan masalah sampai akhir. Kata kunci: proses berpikir kreatif, soal pemecahan masalah, metakognisi.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Apr 2024 07:44
Last Modified: 17 Apr 2024 07:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item