PAZRIAH, SARI (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X IPS 4 SMAN 1 CIHAURBEUTI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (160kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (81kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (80kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
6 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (138kB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (143kB) |
|
Text
8 KATA PENGANTAR.pdf Download (195kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (210kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (456kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (443kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi saat melaksanakan pengamatan dalam pembelajaran renang pada siswa kelas X dan hasil diskusi dengan guru PJOK SMAN 1 Cihaurbeuti. Terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas menggunakan modifikasi alat bantu pembelajaran pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Cihaurbeuti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 22 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi/ pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus daur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran pada renang gaya bebas mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada angka 70 untuk hasil belajar renang gaya bebas sebanyak 8 orang atau 22,85%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi 18 siswa atau 51, 52% telah mencapai indikator target siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar yaitu sebanyak 28 siswa atau 80% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Cihaurbeuti. Kata kunci: Hasil Belajar, Modifikasi Alat Bantu, Renang Gaya Bebas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 06:21 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12416 |
Actions (login required)
View Item |