ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC

RAHMAWATI, ENDAR (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (53MB)
[img] Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
9. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (53MB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (79kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (53MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (53MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (53MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53MB)
[img] Text
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan penalaran matematis, pemberian angket gaya berpikir gregorc dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis, angket gaya berpikir gregorc dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive yaitu dengan memperhatikan jawaban peserta didik pada setiap indikator kemampuan penalaran terlepas dari jawaban benar atau salah. Selanjutnya peserta didik diberikan angket gaya berpikir gregorc, kemudian dipilih subjek yang paling cenderung ke dalam gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak dibanding peserta didik lainnya. Pertimbangan lainnya yaitu peserta didik yang memberikan informasi yang paling lengkap dan jelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S9SK mampu menyelesaikan hasil penyelesaian dengan jelas karena ia merasa pernah mengerjakan soal yang serupa sehingga masih ingat penyelesaian dari permasalahan tersebut, dapat menyelesaikan permasalahan dengan cara melihat dan mengingat kembali apa yang pernah ditulis dan pelajari dan menyukai informasi yang tergambar jelas dan memiliki kemiripan soal yang pernah atau sering dikerjakan. Kemudian S1SA dapat mengerjakan soal secara sistematis dan mampu menganalisis informasi yang terkandung dalam soal serta menyukai informasi yang teratur atau sistematis, seperti pemikiran logis dan rasional. Selanjutnya S2AK memberikan jawaban ragu-ragu dan kira-kira (karena melakukan pendekatan coba-coba), mengerjakan sesuatu kurang terstruktur, tidak melakukan pengecekan langkah-langkah sehingga hasil cenderung kurang tepat dan berpikir berdasarkan kenyataan dan ingin melakukan pendekatan trial and error. Kemudian S12AA mampu menyerap ide, informasi dengan cara refleksi dan cenderung tidak memeriksa jawaban secara detail, sehingga kemungkinan penulisan dan perhitungan terdapat kesalahan. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Gaya Berpikir Gregorc

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:25
Last Modified: 28 Mar 2024 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item