Fadilah, Amelia Rahma (2023) THE STUDENTS’ EXPERIENCES ON RESPONDING TO WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK ON WRITING UNDERGRADUATE THESIS: A VIEW FROM AN INDONESIAN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (257kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (683kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (530kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (469kB) |
|
Text
4. PERSONAL PAGE.pdf Download (260kB) |
|
Text
6. PREFACE.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (355kB) |
|
Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (325kB) |
|
Text
9. CHAPTER 1.pdf Download (387kB) |
|
Text
10. CHAPTER 2.pdf Download (176kB) |
|
Text
11. CHAPTER 3.pdf Download (347kB) |
|
Text
12. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
13. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
14. REFERENCES.pdf Download (289kB) |
|
Text
15. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Revisi merupakan bagian dari proses penulisan skripsi. Revisi yang dilakukan mahasiswa tidak lepas dari feedback yang diberikan dosen pembimbing dan penguji.,Respon peserta dalam menerima umpan balik perbaikan tertulis dari dosen pembimbing dan penguji memegang peranan penting karena menghubungkan masukan dengan hasil belajar yang diwujudkan dalam revisi siswa. Penelitian yang sudah ada menunjukan fokus pada sudut pandang guru dalam pemberian umpan balik tertulis sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dialami mahasiswa ketika menerima umpan balik tertulis dalam proses penulisan skripsi. Partispan merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang telah selesai mengerjakan skripsi. Menggunakan metode studi kasus dengan melakukan wawancara terhadap dua orang partisipan yang mendapat umpan balik tertulis dari dosen pembimbing dan penguji pada saat proses penulisan skripsi. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka daring melalui aplikasi zoom, yang dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasilnya menunjukkan respon partisipan yang berbeda-beda ketika menerima umpan balik tertulis. Kedua partisipan menunjukkan bahwa terdapat tiga respon dalam menerima umpan balik penyuntingan teks, yaitu: 1) respon emosional; 2) respon perilaku; 3) respon kognitif. Meski jawaban kedua peserta diungkapkan secara berbeda, namun kedua peserta mengatakan bahwa masukan penyuntingan teks yang mereka terima sangat berguna dan penting untuk penulisan skripsi mereka. Berdasarkan pengalaman kedua peserta yang ditunjukan melalui respon terhadap umpan balik tertulis, keduanya sangat membutuhkan umpan balik tertulis karena dapat secara langsung memperbaiki kesalahan yang ada pada tulisan mereka. Jenis feedback juga tentunya perlu dipertimbangkan agar pemberian umpan balik tertulis ini menjadi efektif. Kata kunci: penulisan skripsi, respon mahasiswa, umpan balik tertulis, pengalaman mahasiswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 02:11 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 02:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
View Item |